Kampus Merdeka

Kampus Merdeka

Normal & Shear Strain – beginner

    • amosnano1
      Subscriber

      halo teman2 semua.. mungkin disini ada yang baru belajar mengenai teknik. oleh karena itu maksud dan tujuan saya adalah untuk belajar bersama, saling sharing, dan berdiskusi yang masih dirasa kurang faham.

      normal strain bisa diibaratkan sebagai objek yang terkena force/daya yang bersifat perpendicular atau tegak lurus dan terbagi lagi menjadi 2 yaitu compressive strain (memadatkan/ menekan ke arah pusat benda) dan tensile strain (meregangkan benda menjauhi pusatnya). Sedangkan shear strain merupakan benda yang terkena force/daya yang bersifat paralel atau berlainan arah di kedua sisi yang berseberangan sehingga permukaan yang di bawah luasnya tetap karena menempel ke lantai dan permukaan yang di atas meregang sehingga dinamakan tangential strain.

      Jadi, yang ingin saya diskusikan adalah bagaimana jika di kedua permukaan atas dan bawah menempel pada suatu bidang atau keduanya tidak menempel sama sekali, apakah perhitungannya menjadi berbeda?

      Terimakasih atas perhatiannya.

    • amosnano1
      Subscriber

      mohon maaf sebelumnya ada kesalahpahaman. saya ingin mengklarifikasikan sedikit bahwa shear strain yang ada di materi ini mungkin sifatnya benda bebas tanpa menempel pada suatu bidang apapun sehingga tersebar secara merata.

      sedangkan di studi kasus yang lain ada juga yang shear strainnya berfokus hanya pada bagian yang saling menempel di antara 2 buah objek dan/atau  di kedua permukaan atas dan bawahnya menempel pada suatu bidang atau keduanya tidak menempel sama sekali.

      saya sangat mengapresiasi jika ada yang ingin menyanggah dengan konsep atau teori yang berkaitan dengan hal ini untuk menambah wawasan kita semua. sekian, terimakasih.

    • amosnano1
      Subscriber

      Sebelum kita lanjut membahas lebih dalam mengenai hubungan antara normal/shear strain dengan normal/shear stress, ingin disclaimer bahwa saya masih pemula dalam bidang ini terutama dalam prakteknya baik di dunia nyata maupun melalui simulasi software masih meraba-raba karena bukan berasal dari background pendidikan teknis. diharapkan koreksinya.

      Rasio antara shear strain dan shear stress dinamakan shear modulus yang dilambangkan oleh huruf G dengan rumus sebagai berikut : G = τxy / γxy = F/A / Δx/l = Fl / AΔx

      Kemudian untuk bagian geometry mana saja yang terpengaruh oleh rumus tersebut akan saya gambarkan di lain waktu mengingat ada laporan mingguan yang harus dibuat.

       

    • ramadhani.s
      Subscriber

      hi mas Amos 

      terima kasih mas untuk open discussion nya , mungkin boleh ditambahkan gambar untuk definisi kontaknya mas 

       

      terima kasih 

      Ramadhani 

Viewing 3 reply threads
  • You must be logged in to reply to this topic.